RSS

Sinopsis "JALAN TAK ADA UJUNG" karya Mochtar Lubis


Sipnopsis
“JALAN TAK ADA UJUNG”

Novel ini menceritkan tentang kisah seorang guru yang bernama Isa, dia sangat ketakutan dengan masa-masa revolusi. Karena Isa adalah seorang guru, oleh karena itu ia sangat dihormati oleh tetangga-tetangganya. Guru isa mempunyai istri yang bernama Fatimah dan seorang anak yang bernama salim yang mana bukan anak kandungnya melainkan anak yang diadopsinya.
Suatu ketika dia melewati gang jaksa disanalah ketika ketakutannya selama ini memuncak, ketika itu dia sedang berjalan untuk pergi ke sekolahnya. Tiba di jalan jaksa terdengar suara ubel-ubel dan teriakan para serdadu. Guru isa berlindung di rumah yang entah tidak di kenalnya, dia melihat dari balik jendela dan melihat keluar jendela apa yang terjadi hingga tanpa sadar seorang mendobrak pintu rumah itu, yang membuat tubuhnya bergetar. Akhirnya serdadu pun pergi tapi, guru isa bersama orang-orang lain keluar rumah untuk melihat keadaan. Disana tergeletak seorang tionghoayang tertembak oleh serdadu-serdadu tadi. Guru isa melihat darah yang merah mengental mengalir di hadapannya.
Ketika sampai disekolahpun dia masih merasa takut, kemudian guru isa memainkan biolanya untuk menenangkan hatinya. Dan datanglah saleh, setelah beberapa saat memainkan biolanya mereka memutuskan pulang. Sampai dirumah pun ia masih merasakan ketakutannya itu.
Pertemuan awalnya dengan hazil seorang pejuang muda pada masa revolusi yang pandai bermain biola dan seorang komponis. ketika guru isa menghadiri pertemuan rapat dalam rangka perjuangan revolusi. Disana guru isa mendapat tugas sebagai kurir(pengantar) senjata dan surat-surat di dalam kota Jakarta. Sebenarnya guru isa ingin menolaknya tetapi ia takut dibilang pengecut dan desakan-desakan yang amat menekannya oleh karena itu dengan sangat terpaksa ia menurutnya Karena desakan-desakan yang amat menekannya, akhirnya guru isa mendapat pekerjaan itu. Sejak saat itulah guru isa ikut dalam perjuangan revolusi.
Kemudian guru isa dan hazil bertugas untuk mengambil senjata dan bom tangan yang disimpan di daerah Asam Reges, untuk mengangkut senjata dan bom tersebut mereka membutuhkan kendaraan, mereka akhirnya meminjam truk pada tuan hamidy yang dikemudikan oleh Abdullah. Guru isa berangkat bersama hazil ke asam reges. Disana mereka bertemu dengan rakhmat yang telah menunggu mereka. Rakhmat, seorang pemuda yang berani dan bersemangat sama seperti Hazil. setelah mererka mengangkut senjata dan bom mereka akan menyimpan simpan di Manggarai, kemudian di selundupkan ke Kerawang. Penyelundupan itu berjalan dengan baik, meskipun ketakutan yang melanda guru Isa sangat membuatnya tersiksa karena baru pertama kalinya ia ikut berjuang dalam kemerdekaan.
Karena kebutuhan yang mendesak dan penghasilan dari seorang guru tidak bisa menafkahi keluarganya guru isa nekat untuk mencuri dan menjual buku tulis baru yang tersimpan di lemari di sekolahnya.
Suatu hari guru isa merasakan sakit ditubuhnya. Tubuhnya begitu demam hingga guru isa tidak dapat keluar dari kamarnya. Saat itulah hazil menjenguknya. Disana hazil melihat Fatimah dia terlihat tertarik kepadanya. Itulah awal dari perselingkuhan hazil dan Fatimah. Karena setelah menikah selama enam bulan guru Isa tidak dapat memberikan kepuasan secara batin kepada isterinya. Pada awalnya guru isa tidak mengetahui hubungan mereka, dia tidak curiga mengapa setiap hari hazil pergi ke rumahnya. Tetapi pada suatu hari guru isa pulang dari sekolah dia sangat lelah dan merebahkan tubuhnya di atas kasurnya, di saat itu guru isa menemukan pipa di balik bantalnya, dia menyadari bahwa pipa itu milik hazil. Dan Guru Isa amat marah tetapi ia lebih memilih untuk diam. Kalau dia bertanya, dia akan tahu apa yang disangkanya sungguh terjadi, karena itu lebih menakutkan hatinya dari pada keraguannya sekarang.
Serdadu Inggris kemudian meninggalkan Indonesia setelah adanya perjanjian Linggar Jati dan membuat hati orang menjadi lega karena mereka tidak terjebak di antara serdadu-serdadu yang setiap hari mengancam hidup mereka, dan begitu juga dengan guru isa yang merasa kurangnya ketakutan dalam hatinya. Akan tetapi, kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang mengenakan. karena Beberapa saat setelah kepergian serdadu Inggris, serdadu Belanda kemudian datang kembali ke Indonesia.
Puncak pemberontakan mereka terjadi ketika guru Isa, Hazil, dan Rakhmat, temannya, merencanakan untuk menyerang serdadu Belanda disebuah bioskop, bioskop yang bernama Rex. Setelah usainya film di bioskop itu hazil dan rakhmat yang bertugas utnuk meledakkan bom, melemparkan bom tangan di depan pintu masuk bioskop tersebut. Beberapa serdadu Belanda terluka akibat ledakan bom tersebut. Setelah itu mereka bertiga pulang ke tempat masing-masing dan tidak saling memberi kabar untuk selang waktu yang lama. Guru isa yang bertugas untuk mengamati keadaan di luar bioskop menjadi begitu ketakutan diapun berlari dari tempat itu karena melihat polisi militer.
Setelah kejadian itu guru isa merasa sangat ketakutan di setiap harinya. Takut kalau rakhmat atau hazil tertangkap dan mengatakan bahwa guru isa ikut dalam pengeboman di bioskop Rex. Ketika melihat di berita bahwa telah tertangkapnya salah seorang pelempar granat tangan guru isa pingsan dan guru isa jatuh sakit. Setelah tiga hari berbaring di tempat tidur guru isa baru berani berdiri dari tempat tidurnya. Dan waktu itu juga dia ditangkap oleh polisi. Guru isa dibawa oleh polisi dan dia dipaksa mengakui tentang siapa saja yang terlibat dalam pengeboman di bioskop Rex. Mereka berdua disiksa. Karena mereka tetap tidak mau mengaku di mana Rakhmat bersembunyi. Isa tahu bahwa Hazil akan mati kerena terus disiksa, begitu juga ia akan mati bersamanya. Tapi di sana pula guru Isa sadar dan menemukan sifat kelakian-lakiannya  dan arti hidupnya sesungguhnya.




0 Responses to "Sinopsis "JALAN TAK ADA UJUNG" karya Mochtar Lubis"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors