RSS

Tanda-Tanda Website/blog Yang Dibanned Google



Ibarat seorang yang kena demam berdarah, dimana jumlah trombositnya menurun terus dari hari ke hari, begitulah yang dialami salah satu blog saya pada akhir Februari lalu : Visitornya menurun drastis dari 20.000 perhari hingga terendah 1000 orang perhari. Dikit lagi ko’it, tak tertolong.
Jika Anda memilik blog yang menggunakan fasilitas wordpress berbayar (menggunakan hosting sendiri), hati-hatilah. Apa yang saya alami terjadi juga pada blog Anda. Seseorang bisa meng-hack blog Anda, dengan mencantumkan banyak link mengarah ke situs mereka di blog kita. Hebatnya, link itu tidak bisa dilihat dengan mata normal, tidak tampak oleh Anda sebagai webmaster, apalagi oleh visitor. Namun, link-link itu bisa terbaca oleh Google Bot (atau bot-bot search engine lainnya).
Implikasinya :
Pertama, buat si hacker, jelas link-link tersebut pada blog Anda merupakan backlink bagi situs mereka. Targetnya jelas : menaikkan Page Rank. Mereka diuntungkan
Kedua, untuk Anda. Karena jumlahnya sangat banyak, link-link tersebut digolongkan link farm (ladang link), yang tidak disukai oleh search engine. Maka search engine macam google akan menganggap bahwa blog Anda sedang melakukan manipulasi meningkatkan page rank dengan hidden link. Maka Google akan mem-banned blog Anda, menghilangkan index blog Anda, atau setidaknya melemparnya pada posisi akhir hasil pencarian search engine (search engine result page). Makanya, jarang ada visitor yang masuk lagi ke blog Anda, terutama yang datang lewat search engine.
Apa tanda-tanda jika blog Anda kena hack macam ini? Tanda jika blog Anda dibanned oleh Google?
Pertama, tentu saja indikator paling mudah adalah penurunan jumlah visitor dalam waktu singkat.
KeduaCoba lakukan pencarian menggunakan search engine (Google.com). Ketik : www.namadomainanda.com. Jika blog Anda tidak ditemukan, atau berada pada posisi yang buruk, ya Anda sudah boleh bersedih, karena jelas blog Anda punya masalah dengan Google.
KetigaSeperti yang sudah saya ungkapkan tadi, hacking yang dilakukan kepada blog Anda ini macam virus yang tak tampak tanpa mikroskop super canggih. Oleh karena itu kita membutuhkan sebuah alat untuk melakukan pengecekan “seperti apa sih virus itu?”. Coba masuk ke : What Would Google See. Masukkan alamat URL anda di sana, tekan tombol “Compare with itself”. Jika hasilnya tertulis : “Google sees ‘www.namadomainanda.com’ just like your browser does. Everything should be fine” berarti web Anda sehat jasmani. Tapi, jika muncul result daftar link-link, nah itulah virusnya … Anda boleh ikutan lemas.
Bagaimana Menghapus Virus Tersebut?Saya ngasal waktu itu, iseng doank coba-coba, mungkin setengah putus asa. Buka file footer.php wordpress Anda. Cari potongan script “< ?php wp_footer(); ?>“. Itu sarangnya virus. Hapus saja, Blog Anda akan jalan seperti biasa tanpa gangguan, dan trombositnya pasti akan balik normal dalam beberapa hari ke depan.
Catatan :Kejadian ini sudah dua kali menyerang blog saya yang sama. Yang pertama, link-link penyusup itu memang tidak terlihat pada browser, tapi tetap akan muncul jika kita “view source”.Kejadian yang kedua makin canggih, penyusup makin pintar bersembunyi, dan memang tidak akan tampak juga dari “view source”.


0 Responses to "Tanda-Tanda Website/blog Yang Dibanned Google"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors